Leave a comment

Meluruskan Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota kita, yang mesti selalu dijaga, karena rambut yang indah dan mewan tentu dapat menambah pesona kita untuk itulah tidak jarang diantara kita yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk merawat rambut.
Memiliki rambut yang lurus bukanlah hanya idaman kaum wanita namun kaum pria juga menginginkan hal tersebut, ini karena rambut yang lurus lebih mudah untuk diatur dan selalu kelihatan rapi dibandingkan dengan rambu ikal atau keriting, oleh sebab itu banyak yang rela mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk sekadar membuat rambutnya menjadi lurus khususnya kaum wanita mereka rela melakukan berbagai cara yaitu mulai dari dengan cara direbonding maupun dicatok, cara ini memang sangat ampuh membuat rambut lurus, namun demikian sering membuat rambut kita menjadi tidak sehat karena proses pelurusan tersebut, untuk itulah tidak ada salahnya anda mencoba cara alami meluruskan rambut tanpa rebonding.

Penyebab Rambut Keriting

Trichohyalin telah lama dikenal sebagai gen yang memiliki beberapa peranan dalam perkembangan folikel rambut. Ilmuwan Australia berhasil mengidentifikasi gen yang sangat mempengaruhi rambut keriting manusia.

Para peneliti di Queensland Institute of Medical Research (QIMR) menemukan Trichohyalin adalah gen utama yang menciptakan rambut ikal. Studi mereka muncul di edisi terbaru American Journal of Human Genetics.  Kepala Laboratorium Epidemiologi Genetik QIMR dan co-penulis dari penelitian, Profesor Nick Martin mengatakan bahwa variasi dalam gen ini menentukan tingkat kelurusan atau keikalan rambut.

Penelitian sebelumnya di Jepang, telah menemukan variasi genetik untuk rambut tebal lurus yang dominan dalam populasi Asia.  Perbedaan dalam gen EDAR dan FGFR2 telah diidentifikasi tahun lalu dan diduga menjadi bagian dari evolusi dari populasi Asia mengikuti divergensi prasejarah mereka dari Eropa.

Martin dan koleganya Dr Sarah Medland berusaha menemukan variasi sama yang menyebabkan rambut keriting orang keturunan Eropa. Diketahui bahwa 45% dari orang-orang Eropa punya rambut lurus, 40% memiliki rambut bergelombang dan 15% memiliki rambut keriting. Mereka juga menemukan sebanyak 90% kemungkinan sifat yang diturunkan.

Dalam kerja terbaru, para peneliti di laboratorium QIMR menganalisis data yang dikumpulkan dari penelitian terhadap 5000 orang kembar di Australia selama lebih dari 30 tahun.

“Kami memiliki sejumlah besar informasi tentang beragam sifat,” ujar Martin.

Orang-orang kembar itu sebelumnya bertanya apakah rambut mereka lurus, bergelombang atau keriting. Kemudian laboratorium berusaha mencocokkan laporan dengan 2,5 juta polimorfisme nukleotida tunggal (SNP) yang telah dipetakan pada genetisme mereka.

“Ini adalah gen yang telah dikenal selama lebih dari 20 tahun dan telah terlibat dalam produksi rambut. gen itu telah lama berada dalam selimutnya di sekitar akar rambut, ujar Martin.

 

Cara Alami Meluruskan Rambut:

1.      Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan manfaat, mulai dimanfaatkan untuk memenuhi gizi, menghaluskan atau memutihkan kulit susu juga dapat kita manfaatkan untuk meluruskan rambut anda yang mungkin ikal, caranya ambil ambil ½ gelas susu tambahkan dengan ½ gelas air putih (perbandingan 1:1). Lalu masukkan keduanya kedalam botol semprotan, lalu semprotkan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih ½ jam baru kemudian dicuci sampai bersih menggunakan shampoo, lakukan terapi tersebut dengan rutin setiap hari, sampai rambut anda menjadi lurus.

2. Jeruk Nipis dan Santan

Bahan-bahan :

  • 1 gelas air kelapa
  • 2 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat ramuan dan penggunaannya:

  1. Campurkan air perasan jeruk nipis dan air kelapa kemudian aduk sampai rata
  2. Oleskan secara merata ke rambut keriting anda sampai ke akarnya sambil dipijat perlahan
  3. Untuk cara meluruskan rambut yang maksimal, anda bisa mendinginkan ramuan di dalam lemari es selama 5 menit sebelum digunakan
  4. Sisir secara perlahan rambut yang sudah diolesi ramuan untuk meluruskan rambut kemudian bungkus dengan handuk
  5. Tunggu 20 – 30 menit agar khasiat ramuan meresap lalu bilas dengan air dingin
  6. Agar rambut lurus secara alami dan permanen, lakukan perawatan rambut secara teratur 1 minggu 1 kali

3. Daun Seledri

Ambil beberapa batang daun seledri yang masih segar, tumbuk sampai halus, tambahkan dengan air bersih secukupnya, peras-peras ambil air sarinya. Kemudian masukkan kedalam botol dan biarkan selama 1 malam, dan baru kita gunakan pada keesokan harinya, sebagai creambath setelah habis keramas.

4. Minyak Rambut Yang Dipanaskan

Panaskan minyak rambut (hair oil), diamkan hingga hangat. Balurkan pada rambut anda kemudian pijat kulit kepala anda di selama 15-20 menit. Kemudian sisir secara menyeluruh dan menutupinya dengan handuk panas selama 30 menit. Ini bekerja pada teknik yang sama seperti pelurus. Ini menyediakan kelembaban untuk folikel Anda, sehingga akan merenggangkan rambut yang ikal dan bergelombang.

5.      Minyak Goreng

Ambil minyak goreng yang masih sangat baru, kemudian oleskan secara merata ke rambut yang keriting lakukan secara rutin setiap malam sebelum pergi tidur. Dalam seminggu insya Allah akan terlihat perubahannya.

Sumber [ http://klinikpengobatanalami.wordpress.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: